Beranda > :berbagi, :edu, justposting > :Objection

:Objection

justposting – Beberapa prilaku buruk yang dilakukan manusia, salah satu sebabnya adalah “penolakan” (objection) terhadap sesuatu yang sudah terjadi/ketentuan/takdir yang telah Allah gariskan untuknya.

Penolakan ini juga mengakibatkan penderitaan batin bagi pelakunya, berujung kepada kondisi jiwa yang sempit dan tertekan.

Padahal, jika kita ikhlas, rido mau menerima ketentuan Allah SWT apapun bentuknya, maka semua akan berjalan dengan nyaman, enak, ringan dan tanpa beban.

contoh kasus :

sedang enak-enaknya naik kendaraan (mobil misalnya) …tiba-tiba dari arah belakang mobil kita di seruduk pengemudi lain yang menyebabkan bagian belakang mobil penyok, catnya rontok dan lain-lain.

Bentuk penolakan :
– ngerem, turun dari mobil, menuju kendaraan yang menabrak.gedor-gedor pintu / jendela mobilnya sambil treak dan marah-marah.Bisa berakibat adu jotos mobil tambah ringsek, muka memar, atau berujung di pengadilan. 🙂

 Bentuk menerima / ikhlas :

– tidak ada amarah bicara dengan kepala dingin untuk nyari solusi.Bisa berakibat yang nabrak jadi temen/sodara kita, tambah relasi, dia meminta maaf dan bersedia mengganti kerusakan kendaraan kita.

Mobil yang ringsek kita bawa ke bengkel.Pekerja dan pemilik bengkel mendapatkan ‘penghasilan’ dari biaya service dan penggantian spare part.

Gara-gara mobil kita di tabrak, hari itu dapat teman baru dan bisa memberikan upah kepada pekerja dan pemilik bengkel.Sementara kita tidak menyimpan konflik dengan siapa-siapa.

Marah-marah, memaki dan perbuatan buruk lain tidak akan menyelesaikan masalah.Justru akan timbul masalah baru.Semua sudah terjadi, dan tidak mungkin kembali normal dengan penolakan.

Lagi-lagi, semua dikembalikan ke diri kita.Mau pilih yang mana, cara apa….

Hidup memang mau tak mau harus MEMILIH.Hidup bisa jadi mudah, bisa jadi rumit tergantung kita sendiri 🙂

diilhami kultum subuh pak war di masjid mekar indah (19.08.2010)

Powered by ScribeFire.

Iklan
  1. Agustus 30, 2010 pukul 10:02 am

    hati-hati di jalan pak masud, periksa juga kondisi kelengkapan motor anda ( lampu rem berfungsikah ? lampu sen berfungsikah ? dan jaga jarak dalam berkendaraan jgn sampe saat ngerem mendadak tidak membentur kendaraan di depan tentunya cek ketajam kanvas rem juga. http://rumahbacamas3h.wordpress.com

    [nikolas] thanks pak poer..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: